YR15CI Santolo

Bogor -> Cianjur -> Bandung -> Pantai Santolo Garut -> Cianjur Selatan -> Bogor

SEMAKIN DI DEPAN

YR15CI @BOGOR @Tangsel @CIKARANG R15 Bandung-MC

VR|46

#IAMUNITED

Pages

Friday, 3 October 2014

ORGANISASI PERUSAHAAN



I. PENGERTIAN ORGANISASI
Sebelum kita mengetahui arti penting organisasi perusahaan, terlebih dahulu kita mengetahui apa itu arti dari organisasi tersebut. Organisasi adalah suatu penyusunan suatu anggota dalam bentuk struktur organisasi untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang di rencanakan dengan sumber daya yang dimiliki. Organisasi juga memiliki dua aspek yang sangat penting yaitu aspek Departemensasi dan aspek Pembagian Kerja.
 Aspek Departemensasi adalah pengelompokan kegiatan kerja dari suatu organisasi agar kegiatan yang di laksanakan saling berhubungan dan dapat dikerjakan secara bersamaan. Sedangkan Aspek Pembagian Kerja adalah sebgai perincian tugas dari pekerja agar setiap indivudu bertanggung jawab atas sekumpulan kegiatan yang terbatas.
Lalu pengertian organisasi lainnya menurut Mills dan Mills dalam Teori Organisasi dan Administrasi (Kusdi, 2009:4) mengatakan “organisasi adalah kolektivitas khusus manusia yang aktivitasnya terkontrol dan terkoordinasi dalam dan untuk mencapai suatu tujuan.” Selain itu menurut Chester I. Bernard, “organisasi adalah adanya suatu sistem aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.”
Organisasi merupakan proses untuk merancang struktur yang formal, jadi organisasi dapat diartikan juga sebagai berikut :
1.      Organisasi dalam Arti Badan yaitu kelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan
2.      Organisasi dalam Arti Bagan yaitu gambaran skema tentang hubungan kerjasama dari orang-orang yang terlibat dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan.
Organisasi tersebut juga memiliki struktur organisasi yang dapat diartikan sebagai mekanisme formal yang dapat diolah. Struktur tersebut terdiri dari :
·         Unsur Spesialisai Kerja
·         Koordinasi
·         Standarisai
·         Desentralisasi

Selain memiliki struktur organisasi, suatu organisasi pun memiliki unsur-unsur organisasi yang mendasar yaitu : 
- Adanya pembagian Tugas
- Adanya tujuan bersama yang di capai
- Adanya keinginan untuk bekerja sama
- Adanya suatu kerjasama antara dua orang atau lebih
Kemudian organisasi pun memiliki tujuan organisasi, tujuan organisasi berbeda dengan sasaran. Etiozini mengatakan bahwa tujuan organisasi adalah keadaan yang di inginkan oleh organisasi yang dikaitkan dengan tujuan yang ingin di capai yang dinyatakan dalam suatu pernyataan, serta memperkirakan tentang keadaan yang akan datang. Dua unsur dari pada tujuan tersebut adalah :
·         Hasil akhir yang ingin di capai
·         Kegiatan yang dilakukan saat ini untuk mencapai tujuan tersebut
Berbeda dengan Etiozini, Manullang Davis membagi tujuan menjadi 3 jenis yaitu :
§  Tujuan Primer : Berupa nilai ekonomis yang di berikan baik langsung maupun tidak kepada masyarakat dalam bentuk pembuatan barang jasa
§  Tujuan Kolateral : Nilai umum dalam pengertian yang luas demi kebaikan masyarakat
§  Tujuan Skunder : berkenaan dengan nilai ekkonomis dan evektivitas pencapaian tujuan di atas
Setelah kita mengetahui tentang organsasi hendaklah kita ketahui juga apa itu Manajemen, karena Organisasi Perusahaan berhubungan juga tentang Manajemen.
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerja sama di satu pihak dengan tujuan di pihak lain. Untuk mencapai tujuan tersebut harus di bentuk organisasi. Jika dapat di artikan fungsi organisasi sebagai alat untuk manajemen mencapai suatu tujuan

II. PENGERTIAN ORGANISASI PERUSAHAAN
Diatas kita telah mengetahui apa itu pengertian Organisasi dan Manajemen, sekarang kita akan membahas tentang pengertian dari Organisasi Perusahaan. Organisasi perusahaan adalah terdapat orang-orang yang suatu usahanya dapat di koordinasikan, dan tersusun dari jumlah subsistem yang salinh bergantungan dan berhubungan satu dengan yang lainnya, kemudian berkerja sama atas dasar dari pembagian pekerjaan, peran dan wewenang.
Penggertian organisasi perusahaan menurut Kast dan Rosenzwig adalah :
§  Terdiri dari orang yang berorientasi pada tujuan
§  Suatu subsistem manajerial, teknik, struktural, dan pisikososial
§  Adanya subsistem yang lebih luas



III. ARTI PENTING ORGANISASI DALAM PERUSAHAAN 
Adanya fungsi delegasi yaitu dengan organisasi kita dapat dengan mudah memisahkan fungsi dari delegasi setiap pekerjaan. Dari organisasi ini dapat dengan mudah mengetahui posisi mana yang cocok untuk di delegasikan. 
- Terciptanya bayangan untuk kesuksesan bisnis yaitu dengan adanya organisasi kita telah memikirkan terlebih dahulu bisnis apa yang ingin di rencanakan. Divisi dan posisi apa saja yang akan bisa tergambar dengan jelas. 
- Mudahnya pengembangan SDM yaitu dengan organisasi kita dapat mengetahui perusahaan mana saja yanng membutuhkan SDM yang cukup. Organisasi juga dapat menjadi alat untuk melakukan perekrutan karyawan. Dengan adanya organisasi kita dapat mendapatkan SDM yang berkualitas. Dan bagi karyawan organisasi akan menjadi dorongan untuk menjadi yang lebih baik nantinya, karena mereka mengetahui jabatan yang ada di atasnya dan akan memikirkan untuk mencapai posisi tersebut.
- Bentuk Organisasi Perusahaan
Selain arti penting organisasi perusahaan, terdapat juga bentuk-bentuk dari organisasi perusahaan tersebut yaitu :
·         Perusahaan Perorangan
Perusahaan perseorangan biasanya mencangkup perusahaan yang lebih kecil skalanya. Perusahaan ini termasuk perusahaan yang populer karena cepat untuk pengambilan keputusan dan mudah untuk di dirikan, kemudian biyaya pengelolaannya pun relatif rendah.
·         Perusahaan Persekutuan
Perusahaan persekutuan yaitu perusahaan yang dijalankan usaha di bawah milik bersama. Pemiliknya lebih dari satu orang dan dapat disebut partner atau sekutu. Dalam perusahaan persekutuan ada yang disebut Firma dan ada yang di sebut persekutuan komanditer.
·         Perusahaan Perseroan
Didirikan berdasarkan suatu perjanjian dan melakukan suatu usaha dengan modal dasar yang berasal dari saham. Dan dengan demikian setiap orang yang memiliki saham disebut pemegang saham dan di sebut sebagai pemiliknya. Kemudian tanggung jawab yang terbesar di pegang oleh pemegang saham yang paling besar.

Daftar Pustaka :
·         Widyatmini dan Izzati A, Buku Pengantar  Organisasi dan Metode, Gunadarma
·         Pengantar Manajemen, Gunadarma
·         Sukanto R dan T. Hani Handoko, Organisasi Perusahaan : Teori, Struktur dan Prilaku. BPFE, Yogyakarta

1 comment: