I. PENGERTIAN
ORGANISASI
Sebelum
kita mengetahui arti penting organisasi perusahaan, terlebih dahulu kita
mengetahui apa itu arti dari organisasi tersebut. Organisasi adalah suatu penyusunan suatu anggota dalam bentuk
struktur organisasi untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang di rencanakan
dengan sumber daya yang dimiliki. Organisasi juga memiliki dua aspek yang
sangat penting yaitu aspek Departemensasi dan aspek
Pembagian Kerja.
Aspek Departemensasi adalah pengelompokan kegiatan kerja dari
suatu organisasi agar kegiatan yang di laksanakan saling berhubungan dan dapat
dikerjakan secara bersamaan. Sedangkan Aspek Pembagian Kerja adalah sebgai perincian tugas dari pekerja
agar setiap indivudu bertanggung jawab atas sekumpulan kegiatan yang terbatas.
Lalu
pengertian organisasi lainnya menurut Mills
dan Mills dalam Teori Organisasi dan Administrasi (Kusdi, 2009:4)
mengatakan “organisasi adalah
kolektivitas khusus manusia yang aktivitasnya terkontrol dan terkoordinasi
dalam dan untuk mencapai suatu tujuan.” Selain itu menurut Chester I. Bernard, “organisasi adalah adanya suatu sistem
aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.”
Organisasi
merupakan proses untuk merancang struktur yang formal, jadi organisasi dapat
diartikan juga sebagai berikut :
1.
Organisasi dalam Arti
Badan yaitu
kelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan
2.
Organisasi dalam Arti
Bagan yaitu
gambaran skema tentang hubungan kerjasama dari orang-orang yang terlibat dalam
organisasi untuk mencapai suatu tujuan.
Organisasi
tersebut juga memiliki struktur organisasi yang dapat
diartikan sebagai mekanisme formal yang dapat diolah. Struktur tersebut terdiri
dari :
·
Unsur Spesialisai Kerja
·
Koordinasi
·
Standarisai
·
Desentralisasi
Selain memiliki struktur organisasi, suatu organisasi pun memiliki unsur-unsur organisasi yang mendasar yaitu :
- Adanya pembagian Tugas
- Adanya tujuan bersama yang di capai
- Adanya keinginan untuk bekerja sama
- Adanya suatu kerjasama antara dua orang atau lebih
Kemudian
organisasi pun memiliki tujuan organisasi, tujuan organisasi
berbeda dengan sasaran. Etiozini mengatakan bahwa tujuan organisasi adalah keadaan yang di
inginkan oleh organisasi yang dikaitkan dengan tujuan yang ingin di capai yang
dinyatakan dalam suatu pernyataan, serta memperkirakan tentang keadaan yang
akan datang. Dua unsur dari pada tujuan tersebut adalah :
·
Hasil akhir yang ingin
di capai
·
Kegiatan yang dilakukan
saat ini untuk mencapai tujuan tersebut
Berbeda dengan
Etiozini, Manullang Davis membagi tujuan menjadi 3 jenis yaitu :
§ Tujuan Primer
: Berupa nilai ekonomis yang di berikan
baik langsung maupun tidak kepada masyarakat dalam bentuk pembuatan barang jasa
§ Tujuan Kolateral : Nilai umum dalam
pengertian yang luas demi kebaikan masyarakat
§ Tujuan Skunder
: berkenaan dengan nilai ekkonomis dan
evektivitas pencapaian tujuan di atas
Setelah kita
mengetahui tentang organsasi hendaklah kita ketahui juga apa itu Manajemen,
karena Organisasi Perusahaan berhubungan juga tentang Manajemen.
Manajemen adalah proses kegiatan
pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara
kegiatan dan kerja sama di satu pihak dengan tujuan di pihak lain. Untuk
mencapai tujuan tersebut harus di bentuk organisasi. Jika dapat di artikan
fungsi organisasi sebagai alat untuk manajemen mencapai suatu tujuan
II. PENGERTIAN
ORGANISASI PERUSAHAAN
Diatas
kita telah mengetahui apa itu pengertian Organisasi dan Manajemen, sekarang
kita akan membahas tentang pengertian dari Organisasi Perusahaan. Organisasi
perusahaan adalah terdapat
orang-orang yang suatu usahanya dapat di koordinasikan, dan tersusun dari
jumlah subsistem yang salinh bergantungan dan berhubungan satu dengan yang
lainnya, kemudian berkerja sama atas dasar dari pembagian pekerjaan, peran dan
wewenang.
Penggertian
organisasi perusahaan menurut Kast dan Rosenzwig adalah :
§ Terdiri
dari orang yang berorientasi pada tujuan
§ Suatu
subsistem manajerial, teknik, struktural, dan pisikososial
§ Adanya
subsistem yang lebih luas
III. ARTI
PENTING ORGANISASI DALAM PERUSAHAAN
- Adanya fungsi delegasi yaitu dengan organisasi kita dapat dengan mudah memisahkan fungsi dari delegasi setiap pekerjaan. Dari organisasi ini dapat dengan mudah mengetahui posisi mana yang cocok untuk di delegasikan.
- Terciptanya bayangan untuk kesuksesan bisnis yaitu dengan adanya organisasi kita telah memikirkan terlebih dahulu bisnis apa yang ingin di rencanakan. Divisi dan posisi apa saja yang akan bisa tergambar dengan jelas.
- Mudahnya pengembangan SDM yaitu dengan organisasi kita dapat mengetahui perusahaan mana saja yanng membutuhkan SDM yang cukup. Organisasi juga dapat menjadi alat untuk melakukan perekrutan karyawan. Dengan adanya organisasi kita dapat mendapatkan SDM yang berkualitas. Dan bagi karyawan organisasi akan menjadi dorongan untuk menjadi yang lebih baik nantinya, karena mereka mengetahui jabatan yang ada di atasnya dan akan memikirkan untuk mencapai posisi tersebut.
- Bentuk Organisasi Perusahaan
- Adanya fungsi delegasi yaitu dengan organisasi kita dapat dengan mudah memisahkan fungsi dari delegasi setiap pekerjaan. Dari organisasi ini dapat dengan mudah mengetahui posisi mana yang cocok untuk di delegasikan.
- Terciptanya bayangan untuk kesuksesan bisnis yaitu dengan adanya organisasi kita telah memikirkan terlebih dahulu bisnis apa yang ingin di rencanakan. Divisi dan posisi apa saja yang akan bisa tergambar dengan jelas.
- Mudahnya pengembangan SDM yaitu dengan organisasi kita dapat mengetahui perusahaan mana saja yanng membutuhkan SDM yang cukup. Organisasi juga dapat menjadi alat untuk melakukan perekrutan karyawan. Dengan adanya organisasi kita dapat mendapatkan SDM yang berkualitas. Dan bagi karyawan organisasi akan menjadi dorongan untuk menjadi yang lebih baik nantinya, karena mereka mengetahui jabatan yang ada di atasnya dan akan memikirkan untuk mencapai posisi tersebut.
- Bentuk Organisasi Perusahaan
Selain
arti penting organisasi perusahaan, terdapat juga bentuk-bentuk dari organisasi
perusahaan tersebut yaitu :
·
Perusahaan
Perorangan
Perusahaan perseorangan biasanya
mencangkup perusahaan yang lebih kecil skalanya. Perusahaan ini termasuk
perusahaan yang populer karena cepat untuk pengambilan keputusan dan mudah
untuk di dirikan, kemudian biyaya pengelolaannya pun relatif rendah.
·
Perusahaan
Persekutuan
Perusahaan persekutuan yaitu perusahaan
yang dijalankan usaha di bawah milik bersama. Pemiliknya lebih dari satu orang
dan dapat disebut partner atau sekutu. Dalam perusahaan persekutuan ada yang
disebut Firma dan ada yang di sebut persekutuan komanditer.
·
Perusahaan
Perseroan
Didirikan berdasarkan suatu perjanjian
dan melakukan suatu usaha dengan modal dasar yang berasal dari saham. Dan
dengan demikian setiap orang yang memiliki saham disebut pemegang saham dan di
sebut sebagai pemiliknya. Kemudian tanggung jawab yang terbesar di pegang oleh
pemegang saham yang paling besar.
Daftar Pustaka :
·
Widyatmini dan Izzati
A, Buku Pengantar Organisasi dan Metode,
Gunadarma
·
Pengantar Manajemen,
Gunadarma
·
Sukanto R dan T. Hani
Handoko, Organisasi Perusahaan : Teori, Struktur dan Prilaku. BPFE, Yogyakarta
Penjelasan Organisasi sangat gamblang sekali, karena ilmu itu sangat luas tentu butuh pelengkap untuk melengkapi menarik ini silahkan baca juga penjelasannya di Nurul Huda
ReplyDelete