YR15CI Santolo

Bogor -> Cianjur -> Bandung -> Pantai Santolo Garut -> Cianjur Selatan -> Bogor

SEMAKIN DI DEPAN

YR15CI @BOGOR @Tangsel @CIKARANG R15 Bandung-MC

VR|46

#IAMUNITED

Pages

Wednesday 12 July 2017

Rancangan Pengembangan Penulisan Ilmiah


1.1  Latar Belakang
Telepon selular di sebagian besar masyarakat sudah menjadi kebutuhan untuk kalangan bawah, menengah, dan atas. Perkembangan teknologi telepon selular sudah mengalami kemajuan, mulai dari sebagai sarana komunikasi sampai menjadi sarana alat bertransaksi keuangan. M-commerce, social network, e-banking, Global Positioning System (GPS), dan aplikasi yang lainnya merupakan manfaat dari teknologi telepon selular saat ini.
Kebutuhan akan komunikasi semakin hari semakin meningkat khususnya di negara indonesia. Pemakaian produk komunikasi bisa didapatkan dengan cara pembayaran didepan (Pra-bayar) atau pembayaran di belakang setelah pemakaian (Pasca-bayar).  Pulsa telepon bisa didapatkan dengan cara pembelian secara langsung berupa kartu atau pulsa elektrik. Kecenderungan pemakaian pulsa telepon elektrik akhir-akhir ini banyak yang menggunakannya, hematnya waktu pembelian dan tidak efesien proses pengisian pulsa telepon, menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk memilih proses pengisian pulsa telepon elektrik.
Oleh karena itu, kami ingin merubah sistem agen pulsa yang masih manual seperti mencatat pada buku laporan menjadi satu aplikasi berbasis android. Dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah agen pulsa dalam bertransaksi dimana penjual pulsa tidak perlu bersusah payah untuk mengingat kode-kode pengiriman dan tidak perlu mencatat di buku laporan serta mengurangi terjadinya kesalahan pada kode nominal pulsa.

1.2  Batasan Masalah
Batasan masalah pada penulisan ilmiah ini yaitu Aplikasi yang dirancang mendapatkan input nomor tujuan penjual pulsa, jenis vendor komunikasi, nominal pulsa, mengirimkan data pemesanan pulsa berupa data teks (Short Message Servive/SMS) yang sudah terhubung dengan vendor tersebut, sistem yang dirancang berbasis telepon selular dengan sistem operasi android. Pembuatan aplikasi ini menggunakan Eclipse, Java, Xml, dan Adobe Photoshop.
1.3  Tujuan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah  untuk memberikan kemudahan bagi penjual pulsa dalam menjual pulsa elektrik agar lebih mudah dan efisien, sehingga memudahkan seorang agen pulsa baru untuk menjalankan bisnis transaksi tanpa harus mengingat kode-kode dari setiap providernya lagi.
1.4  Kelebihan Aplikasi
Kelebihan dari Aplikasi penjualan pulsa berbasis Android ini adalah :
1.      Mudah di gunakan karena Aplikasi ini berbasis Android.
2.      Interface pada setiap menu sangat menarik dan mudah di mengerti karena setiap button di lengkapi dengan icon yang mudah di mengerti berserta tulisannya.
3.      Tidak perlu mencatat setiap transaksi digunakan karena setiap transaksi ada laporannya.
4.      Mengurangi terjadinya kesalahan saat transaksi.

1.5  Kekurangan Aplikasi
Kekurangan dari Aplikasi penjualan pulsa berbasis Android ini adalah :
1.      Aplikasi ini hanya sebatas penjualan pulsa, tidak ada untuk pembelian paket seperti paket internet, telepon dan sms.
2.      Walapun Aplikasi ini penjualan pulsa, alangkah lebih baiknya ada transaksi lainnya seperti pembayaran token listrik dan pemabayaran air.

1.6  Design Penyempurnaan
Gambar 1. Tampilan Halaman Menu Sebelum Penyempurnaan







    Gambar 2. Design Rancangan Tampilan Halaman Menu
      Pada tampilan halaman menu ini, adanya penambahan transaksi yaitu pembelian paket, pembayaran air dan listrik.

No comments:

Post a Comment